Marketing Mix

Marketing itu bukan sembarang jabatan,
Karena tanpa Marketing Bisnis atau Produk kita susah dikenal orang, bahkan tidak diketahui orang lain.
Kenapa sih kita perlu Marketing ??? Ya Biar orang lain tahu tentang Produk atau Bisnis Kita, dan mau menggunakan Produk / Bisnis Kita. Karena memang Marketing ini yang mengenalkan produk Kita.
Sedikit Keterangan apa itu Marketing, Mengutip dari Web : Pengertianku.net:
definisi marketing yaitu perpaduan antara aktivitas-aktivitas yang saling berhubungan untuk dapat mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen sehingga perusahaan dapat mengembangkan produk, harga, pelayanan dan melakukan promosi supaya kebutuhan konsumen dapat terpenuhi serta perusahaan mendapatkan keuntungan. Itulah beberapa penjelasan mengenai marketing pilih yang mana saja karena semua intinya sama. "

Dalam Pengetahuan Dasar Marketing yang harus dikuasai adalah Marketing Mix.

Marketing Mix menurut Pakar Marketing Dunia Bernama Kotler dan Amstrong Mengatakan: Bahwa Marketing Mix Adalah "Sekumpulan Variabel Pemasaran yang bisa digunakan oleh Perusahaan untuk mengejar tingkat penjualan mereka"


Variabel Marketing Mix yang paling terkenal adalah 4 Poin seperti pada gambar berikut:





1. Product
Kita harus paham Produk atau Barang yang akan kita tawarkan, dari Namanya, Manfaatnya, dan kelebihan juga kekurangannya. Bagaimana kita menawarkan Produk yang kita bawa, dan siapa yang tepat untuk kita tuju sebagai target pembeli nantinya yang sekiranya tepat dan berpotensi bagus peluangnya.

2. Price / Harga
Setelah kita menguasai jenis Produk dan detile nya, kita juga harus menguasai harganya agar mudah untuk menjelaskan, dan kita juga harus tahu harga produk lain dari kompetitor sebagai pengetahuan dasar juga kita menawarkan harga.

3. Promotion / Promosi
Promosi disini adalah cara menyampaikan dan meyakinkan konsumen tentang Produk yang kita bawa agar mereka paham, dan tertarik. Kita harus Percaya Diri dan mudah bergaul atau komunikatif, mampu berkomunikasi dengan Nasabah atau sasaran marketing.

4. Place / Tempat
Dalam pengetahuan yang sudah kita Kuasai tersebut diatas, kita juga harus tahu target sasaran yang akan kita tawarkan produk kita. Siapa yang akan kita tuju atau Lokasi mana yang akan kita jadikan tempat pemasaran yang strategis dan tepat sasaran.

Ini adalah Strategi Marketing yang harus dijalankan untuk mengembangkan Bisnis dan memenangkan Persaingan Pasar. 
Akan tetapi yang menentukan kesuksesan dalam marketing adalah pelakunya, mereka harus benar - benar siap, paham, bertanggungjawab, jujur, komunikatif, percaya diri, dan amanah. Agar kita dipercaya dan memang produk kita adalah produk yang real, terpercaya, dan ada manfaatnya.

Selamat mencoba, dan semoga kita bisa menerapkan Marketing Mix dan mampu mengembangkan Bisnis yang sedang kita tekuni.
Mohon maaf bila ada salah, dan silahkan menambahkan kekurangan pengetahuan yang kami sampaian.
Terima kasih,
Sukses selalu, 
Semoga berkah,